Imunisasi BCG & Tes Matoux Aga

Hmm… sudah lama tidak ngisi blog saya. Jadi, gak papa to kalo saya nulis banyak cerita dalam satu waktu (pastine yo ra popo to! Wong blog-blog ku dhewek :D ) ?

Jum’at, 6 September 2013, jagoanku yg nomer 2, Aga, di tes Matoux. Apa itu? Itu adalah tes yang diperuntukkan bagi bayi yang belum diberi imunisasi vaksin BCG. Lah…kok bisa?
Hiks… Jadi awal ceritanya, saya memang menunda-nunda memberikan vaksin itu sama Aga. Seharusnya, vaksin BCG mulai diberikan ketika ia berusia 2 bulan. Karena menunda, akhirnya lupa. Tahu-tahu, suatu ketika suhu tubuh Aga naik hingga kisaran 38 -39,9 – yang untuk ukuran seusianya sangat membahayakan.

Saya lalu membawanya ke rumah sakit. Ditanya sama suster apa Aga diberi vaksin lengkap…saya jawab enggak. Cuma vaksin hepatitis saja. Yg BCG, DPT, Polio belum. Dari situ deh..saya dimarahin sama susternya. Saya diberitahu bahwa vaksin BCG sangat penting untuk mencegah penyakit Tubercolosis, yang di Indonesia, masih menjadi penyakit endemik. Khawatir pasti. Tapi insting saya sebagai ibu tetap jalan. Bahwa panas Aga tidak ada hubungannya dengan penyakit yang mengkhawatirkan.

Jadi, ketika tes darah dan urine Aga menunjukkan tidak ada yang mengkhawatirkan, saya lalu memutuskan untuk member imunisasi BCG,dkk., segera setelah Aga pulih. Dan sebelum memberikan imunisasi BCG, bagi bayi yang berumur lebih dari 2 bulan, harus melalui tes Matoux.

Tes ini memberikan sejumlah kecil virus Tubercolosis (TBC) yang telah dimatikan dan dimurnikan dimasukkan ke dalam lapisan dermis kulit lengan bawah. Baru ketahuan apakah ia positif terinfeksi Tubercolosis atau tidak setelah diobservasi selama 2×24 jam. Selama itu, lokasi suntikan tidak boleh kena air, lotion, minyak dsb.

Apabila positif terinfeksi Tubercolosis, maka harus menjalani serangkaian perawatan intensif selama 6 bulan. Dikatakan positif bila diameter indurasi (tonjolan yang keras tapi tidak sakit) yang terbentuk, berwarna kemerahan. Dan bagi bayi, bila diameternya lebih dari 15mm. Ini foto lengan yang positif kena virus TBC.

Matoux Positif

Diambil dari blog http://keluargakamil.wordpress.com/2011/12/30/infected/

Sedangkan ini, foto lengan Aga yang di tes Matoux. Artinya Aga bisa di imunisasi BCG dan tidak kena virus TBC. Alhamdulillah…

Matoux Aga

This entry was posted in Artikel. Bookmark the permalink.

Leave a Reply